Rabu, 29 Oktober 2014

Perpustakaan Sekolah Saya


PERPUSTAKAAN

Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri. Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.
Perpustakaan di SMA Negeri 4 Kota Tangerang Selatan itu cukup baik dan hampir sangat lengkap bukunya. Dari novel, majalah dan buku pengetahuan ada disana dan disana juga banyak anak yang menyisakan waktu luangnya seperti istirahat dan pulang sekolah pun masih ada yang membaca novel atau mengerjakan tugas yang diberikan dari guru mata pelajaran.
Disana bu Anni dan bu Nyai mereka adalah guru yang mengelola perpustakaan , yang menjaga perpustakaan tetap bersih dan nyaman bagi murid untuk memvaca dan mengerjakkan tugas. Mereka juga membuat ekskul perpus, murid yang mengikuti ekskul tersebut harus menjaga perpus tetap bersih seperti biasanya.
Untuk sekolah yang sudah memiliki perpustakaan, ternyata juga masih memiliki masalah yang lain seperti kekurangan atau tidak adanya pustakawan ahli, Sudah menjadi rahasia umum jika rata-rata perpustakaan sekolah kita saat ini yaiut SMA Negeri 4 Kota Tangerang Selatan biasanya hanya dikelola guru atau pegawai TU yang disuruh merangkap untuk mengelola perpustakaan. Mereka dipercaya untuk mengelola perpustakaan sekolah.

Namun hal tersebut tentunya akan berakibat tidak bisa maksimalnya guru atau pegawai TU tersebut dalam mengelola perpustakaan sekolah. Hal tersebut karena pengetahuan dan kemampuanya yang terbatas juga dikarenakan waktu mereka yang terbagi menjadi dua sehingga mengakibatkan tidak bisa fokus mengelola perpustakaan sekolah.

Segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menujang proses belajar mengajar, maka dalam pengadaan bahan pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah, serta selera para pembaca yang dalam hal ini adalah murid-murid.

Namun kekurangan fasilitas buku yang jumlahnya masih sangat sedikit mengakibatkan para siswa malas datang ke perpustakaan. Kalaupun ada Buku biasanya hanya di dominasi buku-buku paket mata pelajaran. Padahal para siswa di sekolah membutuhkan buku-buku umum seperti novel, buku tentang komputer, buku-buku populer, buku tentang kesehatan, buku tentang sains, buku tentang cara membuat ketrampilan dan kerajinan, bahkan jika memungkinkan buku-buku motivasi, buku memasak dan yang lainya selama itu positif dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan para siswa.


Manfaat perpustakaan sekolah:
1.      Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid tehadap membaca.
2.      Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid.
3.      Perpustakaan sekolah dapat menambah kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya murid-murid mampu belajar mandiri
4.      Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca
5.      Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa
6.      Perpustakaan sekolah harus dapat melatih murid-murid kearah tanggung jawab
7.      Perpustakaan sekolah harus dapat memperlancar murid-murid dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah
8.      Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran
9.      Perpustakaan sekolah dapat membantu murid-murid, guru-guru, dan anggota staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tinginya prestasi murid-murid, tetapi lebih jauh lagi, antar lain adalah murid-murid mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, murid-murid terbiasa belajar mandiri, murid-murid terlatih kearah tanggung jawab, murid-murid selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Perpustakaan sekolah juga harus memiliki ruangan menarik dikarenakan agar murid bisa nyaman dan melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik sehingga pengajar dan pelajar tertarik dan dapat menjadi terbiasa dalam menggunakan perpustakaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar